26 April 2022

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih Penghargaan "The ACI Director General's Roll of Excellence in Airports Service Quality"




JAKARTA - Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan “The ACI Director General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality” atas pencapaian secara konsisten dalam memberikan keunggulan terhadap layanan pelanggan. Penghargaan ini  merupakan yang pertama diberikan kepada operator bandara di Indonesia atas prestasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang berhasil memenangkan penghargaan Airport Service Quality (ASQ) selama periode lima tahun berturut-turut dalam 10 tahun terakhir.

Di tahun 2021 sendiri, hanya terdapat empat bandara di dunia yang berhasil meraih penghargaan  “The ACI Director General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality” yaitu  Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Fiumicino Airport - Roma, Sardar Vallabhbhai Patel International Airport - India dan Shanghai Hongqiao International Airport - China. Pencapaian ini sekaligus mensejajarkan prestasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 64 bandara lainnya di dunia yang telah meraih penghargaan serupa  dari tahun 2011-2020 seperti  Beijing Airport, Changi Airport, Incheon Airport, Hongkong Airport, hingga Dubai Airport.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi dunia internasional atas komitmen Angkasa Pura Airports dalam menjaga dan memberikan standar pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa secara berkelanjutan hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih penghargaan ASQ Awards 5 tahun berturut-turut dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna jasa, mitra usaha, komunitas dan seluruh stakeholders terkait di Bandara SAMS Sepinggan atas sinergi, kerja sama dan kolaborasinya hingga Angkasa Pura Airports berhasil meraih prestasi terbaik,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports, Faik Fahmi.

Sejak dilakukan perluasan kapasitas terminal dan diresmikan tahun 2014 lalu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan langsung menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu bandara terbaik di Indonesia yang di akui secara internasional. Bandara SAMS Sepinggan telah meraih 11 penghargaan dalam ASQ Awards dari tahun 2017-2021 di kelas kapasitas 5-15 juta penumpang per tahun. Adapun perhargaan-penghargaan tersebut yaitu : 

  1. ASQ Awards 2017 (1 Award) sebagai Best Airport by Size;
  2. ASQ Awards 2018 (4 Awards) sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment and Ambience by Size, Best Customer Service & Best Infrastructure and Facilitation;
  3. ASQ Awards 2019 (4 Awards) sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment and Ambience by Size, Best Customer Service & Best Infrastructure and Facilitation;
  4. ASQ Awards 2020 (1 Award) sebagai Best Airport by Size and Region in Asia Pacific;
  5. ASQ Awards 2021 (1 Award) sebagai Best Airport by Size and Region in Asia Pacific;

ACI World Director General, Luis Felipe de Oliveira menyampaikan rasa bangganya terhadap keempat bandara di seluruh dunia yang berhasil mendapatkan penghargaan selama periode lima tahun ini. “Keempat bandara yang memperoleh penghargaan di tahun ini secara konsisten telah menunjukkan bahwa para pelanggan merupakan pusat dari seluruh pelayanan yang telah diberikan. Ketika dunia penerbangan telah bangkit kembali sehingga dapat menarik wisatawan untuk terbang, bandara harus secara aktif mendengarkan dan merangkul para pelanggannya untuk mengetahui apa saja kebutuhan dan harapan para pelanggan kedepannya,” jelas Luis Felipe de Oliveira.

Pemberian penghargaan kepada keempat bandara ini akan diselenggarakan pada ajang ASQ Awards Ceremony. Acara ini merupakan bagian dari ASQ Forum & ACI Customer Experience Global Summit keempat yang akan berlangsung pada bulan September mendatang di Krakow, Polandia dan memiliki fokus utama pada “Airport customer experience”. 

“Dengan diraihnya penghargaan ini, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan terus menjadi panutan dalam hal kualitas layanan bandara yang unggul serta dapat bekerja sama dengan ACI secara terus-menerus untuk meningkatkan standar layanan dan praktik terbaik dalam industri penerbangan,” tambah Luis Felipe de Oliveira.

Kembali